ANGGOTA SATLINMAS HARUS PAHAM TUGAS POKOK DAN FUNGSINYA DI MASYARAKAT

KUTOHARJO - PJ. Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Komandan Linmas dan anggota linmas desa Kutoharjo foto bersama dalam acara Sosialisi pelatihan dan pemberdayaan Satlinmas dalam pengamanan Pilkades serentak Tahun 2020.

 

Sebagai upaya peningkatan peran serta satuan perlindungan masyarakat ( Satlinmas ) dalam menghadapi Pilkades serentak tahun 2020. Pemerintah desa Kutoharjo bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa menggelar acara sosialisasi dan pelatihan bagi anggota satlinmas Desa Kutoharjo, Minggu ( 08/03/2020 ). Pelatihan ini untuk memberikan pemahaman tentang tugas pokok dan fungsi / tupoksi Linmas.

Pelatihan dan pemberdayaan Linmas digelar di aula Desa Kutoharjo mulai pukul 19.30 WIB. Sebanyak 45 orang anggota Linmas mengikuti acara tersebut. “ Kegiatan pelatihan dan pemberdayaan Satlinmas ini tujuanya untuk memberikan pemahaman kepada anggota tentang tugas pokok dan fungsi Linmas “, ujar PJ Kepala Desa Kutoharjo Eko Pujianto. S. Pd.

Dalam menghadapi Pilkades serentak tahun 2020 ini, sebagai anggota Linmas harus bisa mengamankan dan menjaga ketertiban di masyarakat. Linmas sebagai pendukung tugas kepala desa bila ada masalah sekecil apapun harus bisa meredam agar tidak terjadi gejolak sosial di masyarakat dan dalam menjaga TPS dan kotak suara harus fokus jangan sampai lengah.

 

Kegiatan pelatihan tersebut dihadiri PJ. Kepala Desa Kutoharjo beserta perangkat desa Kutoharjo, dengan narasumber Bhabinkamtibmas dan Babinsa desa Kutoharjo.

 

Pada kesempatan ini, Bhabinkamtibmas Bripka. H.M. Frengki, S.H. dalam paparan materinya menyampaikan, Satlinmas adalah satuan perlindungan masyarakat desa yang mempunyai tugas mendukung penanganan ketentraman, ketertiban, dan keamanan penyelengaraan pemilu.

“ Selain itu, lanjutnya. Satlinmas juga mempunyai beberapa fungsi, yakni membantu memelihara dan meningkatkan tata tertib di kalangan masyarakat, serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di desa dan juga harus netral dalam menghadapi Pilkades tahun ini “. Jelas Bhabinkamtibmas.

 

Babinsa dan komandan linmas desa Kutoharjo memberikan materi dan tekhnik baris - berbaris 

 

Babinsa desa Kutoharjo Koptu. Aldi Fadldalam sambutanya mengatakan adapun tugas satlinmas yang lain yaitu membantu membina masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan, aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di desa. Membantu pemerintah daerah, kepolisian dalam kamtibmas, perbantuan kepada TNI dalam upaya pertahanan negara.

Kegiatan pelatihan berjalan tertib, seluruh peserta tampak semangat, antusias dan serius dalam mengikuti sosialisasi dan pelatihan malam itu.

putrkaliwungu@gmail.com


Dipost : 2020-04-01 13:08:42 | Dilihat : 256